BPOM: Susu Kental Manis Memiliki kandungan Susu, Tetapi..

BPOM: Susu Kental Manis Memiliki kandungan Susu, Tetapi.. – Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) melarang produsen susu kental manis memakai anak dibawah umur lima tahun menjadi bintang iklan. Penyebabnya, menurut Kepala Tubuh POM Penny Lukito menjelaskan susu kental manis begitu tidak direferensikan untuk dikonsumsi anak-anak sebab memiliki kandungan semakin banyak gula daripada protein. Susu kental juga semestinya jadikan bahan pelengkap makanan, bukan diminum seperti susu fresh untuk alternatif konsumsi gizi.

Image result for BPOM: Susu Kental Manis Memiliki kandungan Susu, Tetapi..

Beberapa kelompok menanyakan sikap BPOM. Karena, produk susu ini sudah tersebar di market hampir beberapa puluh tahun lamanya serta belumlah ada larangan tegas untuk dikonsumsi oleh anak-anak awal mulanya. Pasca-surat BPOM keluar ikut didapati kandungan gula pada susu kental manis tambah lebih besar melewati kandungan susu asli.

Menurut Penny, susu kental manis sebetulnya masih tetap memiliki kandungan susu. Akan tetapi susu kenntal manis bukan produk yang pas untuk penuhi konsumsi gizi. Dalam pengawasan di step post-market, nyatanya diketemukan ada banyak iklan serta cap susu kental yang tidak menggambarkan kandungan di dalamnya. “Jadi kami bikinlah surat edaran untuk aktor usaha,” katanya.

Ia menyanggah sudah kecurian masalah peredaran produk susu kental manis di penduduk. “Jadi bukan permasalahan mengapa baru saat ini, BPOM telah lakukan manfaat dengan menegakkan ketentuan,” kata Penny dalam pertemuan wartawan di Kantor BPOM, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018. Pertemuan wartawan ini diselenggarakan menyusul masalah masalah susu kental di penduduk.

Masalah ini berawal waktu BPOM menerbitkan edaran yang diperuntukkan untuk produsen, importir, serta distributor dan analognya produk susu kental manis. Dalam surat edaran nomer HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 itu dituliskan ketentuan mengenai Cap serta Iklan pada Produk Susu Kental serta Analognya (Kelompok Pangan 01.3).

Dalam surat yang diteken oleh Deputi Bagian pengawasan Pangan Olahan Suratmono, BPOM mengatakan edaran diedarkan membuat perlindungan customer anak-anak. “Dalam rencana membuat perlindungan customer pentingnya anak-anak dari info yang tidak benar serta menyesatkan mengenai susu kental manis, butuh diambil langkah perlindungan yang ideal,” tutur Suratmono dalam surat tertanggal 22 Mei 2018.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s